6J2ltANIvHg90BMqkYINyuFLQgimMLFexOSJZtDW

Bocah Ini Nabung Sejak TK Agar Bisa Berkurban, Dari Rp 500 Nggak Nyangka Sampai Begini


Memang sih untuk berkurban ini tidak diwajibkan untuk seluruh kalangan umat muslim, akan tetapi karena keinginan yang besar menjadikan keadaan bisa dilibas begitu saja, siapapun bisa tergantung dari niatan, meski itu hanya anak SD sekalipun tetap bisa melakukannya kalau mau berusaha.

Sahabat, Idul adha merupakan hari raya yang senantiasa disambut gembira oleh seluruh masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia. Bukan karena identik dengan makanan enak bermenu aneka daging, tapi pada Idul Adha, seluruh muslim, baik tua, muda, kaya, miskin, semua menggenggam hikmah ketaatan, keikhlasan, dan pengorbanan di hati masing-masing. Dan tentu, kepedulian sosial dan semangat berbagi.

Idul Adha kali ini diwarnai sebuah kisah haru dari daerah Jember.

Adalah Izzat Zivin Gati Ramadhan, bocah kelas 2 SD, yang sontak menjadi teladan keikhlasan dan simbol kepedulian sosial yang tinggi.

Sejak dibangku TK A, Izzat senantiasa rajin menabung uang jajannya. Uang yang ditabungnya bervariasi, dari 500 rupiah hingga 1000 rupiah. Bagaimanapun ia hanya seorang bocah kecil yang mengandalkan uang jajannya yang tak seberapa.

Setelah 4 tahun menyimpan niat dan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, tahun ini tabungan Izzat mencapai 2 juta sekian, maka ia ditemani sang ayah mulai memilih kambing untuk berkurban.

Selama 4 tahun itu, Izzat selalu menabung uang apapun yang didapatkannya, uang jajan harian, uang pemberian nenek, dan lain-lainnya. Awalnya, Izzat menabung untuk membeli rumah, namun sang ayah memberinya ide yang lebih mudah diwujudkan, yakni membeli hewan kurban.

Dengan segera Izzat setuju, 'beli kambing buat kurban, biar punya tunggangan di surga' tuturnya polos namun bersungguh-sungguh.

Ternyata, membeli kambing dan berkurban, memberi 'bekas' tersendiri di hati Izzat. Ia pun kembali bertekad untuk menabung lebih banyak agar bisa berkurban seekor sapi ke depannya.

Masyaa Allah!

Referensi pihak ketiga

Sahabat, jiwa sosial bukanlah sesuatu yang tumbuh begitu saja. Terlebih pada anak-anak yang masih memiliki fitrah 'egois'.

Apa yang dicontohkan Izzat ini seharusnya menampar orang-orang dewasa yang memilih berganti-ganti gadget terbaru, tapi mengaku tak punya uang untuk berkurban.

Semoga sepetik kisah ini, memberi inspirasi di hati kita.

Selamat merayakan Idul Adha, taqobballallahu minna wa minkum....

Referensi pihak ketiga

Sumber Referensi:

news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4178268/cerita-pelajar-sd-kurban-kambing-dari-hasil-menabung-4-tahun?
Related Posts

Related Posts

Post a Comment