6J2ltANIvHg90BMqkYINyuFLQgimMLFexOSJZtDW

7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Diare dan Disentri


Buah ini banyak sekali jenisnya, dan masing-masing buah sendiri memiliki khasiat yang berbeda. Akan tetapi sebagian besar sama, karena memang setiap satu buah memiliki banyak manfaat. Seperti yang ada dalam manggis ini misalnya, dimana ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari ratu buah berikut.

Manfaat manggis yang dikonsumsi seseorang dikaitkan dengan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Manggis merupakan jenis buah yang memiliki warna kemerahan atau ungu dan daging putih berair.

Buah yang sangat populer di Thailand ini memiliki cita rasa begitu unik yakni perpaduan dari ragam macam buah seperti strawberry, es krim vanila dan wangi buah persik. Tak hanya populer di negeri Gajah Putih, buah bercita rasa manis sedikit masam ini juga banyak dijumpai di Indonesia.

Perlu diketahui, buah manggis selama bertahun-tahun banyak dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara yang lain seperti Singapura, India, Sri Lanka dan juga Vietnam. Di Asia Tenggara, daun, kulit kayu serta kulit buahnya dipercaya menjadi sebuah obat lantaran mengandung pektin dan bersifat antikanker. Berikut adalah manfaat manggis untuk kesehatan tubuh yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Atasi Diare dan Disentri


Manfaat manggis pertama yang bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi manggis adalah dapat mengatasi diare dan disentri. Bagian buah dan kulitnya diketahui mampu bekerja dengan efektif membuat gangguan pada lambung seperti disentri dan diare mereda.

Biasanya, manggis ini digunakan sebagai obat tradisional yakni dengan cara merendam kulit buah dalam air selama semalaman. Kemudian hasil rendama ini akan diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak yang sedang mengalami diare kronis. Sementara untuk pengobatan pada penyakit disentri, bisa dilakukan dengan cara menjadikan buah atau kulitnya menjadi bubuk kemudian diseduh dengan air hangat.

Cegah Kanker


Manfaat selanjutnya dari buah manggis untuk kesehatan tubuh Anda dalam mampu mencegah kanker. Perlu diketahui, kulit manggis ini memiliki kandungan xanhthone yang menunjukkan efek antikanker, antiinflamasi dan antibakteri.

Kandungan xanthone yang ada di dalam kulit manggis mempunyai sifat chemopreventive yang sangat berpotensi guna dikembangan menjadi agen untuk mencegah kanker serta sebagai kombinasi obat antikanker, hal ini tengah dijelaskan dalam Journal of Ethnopharmacology. Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa xanthone mampu menghambat adanya pertumbuhan sel kanker.

Sumber Antioksidan


Diketahui, manggis merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat kaya. Xanthone adalah salah satu senyawa antioksidan yang berhasil ditemukan paling melimpah di dalam buah manggis.

Dalam buah manggis setidaknya tengah mengandung sebanyak 20 jenis Xanthone yang sebagian besar lainnya ditemukan pada kulit manggis. Xanthone akan bertugas sebagai pengurang rasa stres akibat radikal bebas. Radikal bebas ini kemudian akan dirusak dan membuat tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit, mulai dari risiko kanker, gangguan jantung hingga flu atau pilek biasa.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan xanthone yang ada di dalam manggis serta terpadu dengan vitamin C mampu bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Apabila xanthone berguna dalam melawan berbagai paparan radikal bebas, vitamin C akan membuat produksi dan fungsi dari leukosit sel darah putih menjadi meningkat. Diketahui, sel darah putih atau leukosit ini merupakan bagian darah yang sangat memiliki tanggung jawab besar untuk imunitas tubuh.

Dukung Penurunan Berat Badan


Manfaat selanjutnya dari buah manggis yang bisa Anda dapatkan adalah mendukung penurunan berat badan. Sebuah industri kesehatan dan kebugaran mengklaim bahwasannya manggis memiliki potensi besar untuk menurunkan berat badan.

Ditemukan dalam sebuah penelitian orang yang melengkapi dietnya dengan mengonsumsi jus manggis sebanyak 3,6 ons atau 9 ons (setara dengan 90, 180 atau 270 ml) dua kali sehari akan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

Kontrol Gula Darah


Sebuah penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa selama 26 minggu pada wanita gemuk dan menerima 400 mg ekstrak buah manggis tambahan setiap harinya akan memiliki pengurangan yang signifikan dalam resistensi insulin, di mana merupakan menjadi penyebab diabetes terjadi.

Buah ini juga akan menjadi sumber serat yang baik untuk kalian. Nutrisi di dalamnya akan membantu untuk menstabilkan gula darah dan membuat diabetes akan terkontrol. Adanya serat yang dikombinasikan dengan xanthone dalam buah manggis dapat membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula darah. Akan tetapi ini masih memerlukan banyak penelitian untuk memastikannya.

Anti Inflamasi


Perlu Anda ketahui, bahwa ekstrak manggis telah digunakan sebagai agen anti inflamasi di negara-negara Asia Tenggara selama bertahun-tahun. Kandungan anti inflamasi dan anti alergi ini mampu menghambat pelepasan protaglandin dan histamin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh Anda.

Meski kerap dan sudah banyak digunakan manfaat manggis lantaran khasiat ini, akan tetapi masih perlu dilakukan banyak penelitian lebih lanjut guna mengetahui sebenarnya seberapa ampuh manggis dapat mengatasi inflamasi.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment